Load Data dari mysql ke ComboBox pada Delphi

Yups, ada yang masih belum faham? niiich scriptnya :

procedure TfrmPerintah.LoadCombo(combo:TComboBox;namaquery:TZQuery;isitable:TStringField);

var

i:integer;

begin

combo.Clear;

namaquery.Active:=true;

namaquery.First;

for i:=1 to namaquery.RecordCount do

begin

combo.Items.Add(isitable.Value);

namaquery.Next;

end;

end;

cara penggunaan :

1. buatlah sebuah unit tersendiri untuk menyimpan berbagai perintah yang akan digunakan disemua form yang ada. Dalam hal ini saya memakai nama frmPerintah, kemudian copykan secript diatas di unit tersebut.

2. Untuk menggunakan silahkan import terlebih dahulu di form baru yang anda mau loadkan datanya.

3. Pilih event OnShow pada properties delphi dan masukkan perintah procedure frmPerintah.LoadCombo(nmComboBox,NamaZeosQuery,FieldDariNamaZeosQuery);

4. Sebelumnya jangan lupa menginstall ZEOS Di Delphi anda, karena untuk koneksi ke database saya menggunakan ZEOS, terus bagaimana jika saya memakai ADO atau yang lainnya? Tentu saja anda dapat menyesuaikannya dengan sedikit mengedit scrip diatas, TZQuery gabti aja dengan ADOQuery atau yang lainnya

4 comments on “Load Data dari mysql ke ComboBox pada Delphi

  1. kalo kita ingin membuat installer. apa kita harus bwa smua database dkomputer yang akan kita instal. saya mash blm paham ktika saya harus mengimport database tsb. saya pake oracle. bisa bantu ga pa

    • cukup file database yang di eksport saja paaak. nanti di komputer yang mau diinstali perogramnya tinggal di import lagi database tadi. Terus bagaimana kalau dikomputer baru nanti tidak ada Oraclenya???? yaaaaa ketika bikin installernya sekalian saja installer Oraclenya di Includekan, jadi client tidak perlu susah2 mancari instaler database nantinya

  2. makasih pa.
    kalo oracle di includ brarti bnyk jg dong kapasitas dr program x.
    yang mash saya blm paham. tentang exp imp soalny saya car d internt rata2 kurang jelas.
    saya prnh exp trus brhasil. dlm bentuk .log .dmp apa smua itu dimasukkan ke installer

    • iyaaa itu yang dimasukka di installernya. Nanti kan hasil installasi softwarenya ada di C Program files. Yang hasil eksport tersebut bisa di iport lagi di oracle

Tinggalkan Balasan

